Facebook Like And Send

Pages

Friday, March 30, 2012

My Easter Chocolate Mould



I got all those Chocolate Mould from Sportlight, Plaza Singapura. Now only S$2 for all easter choco mould. Planned to made easter egg and bunny easter chocolate for my kids. Buy already Valrhona Equatoriale 55% Chocolate.

Monday, March 26, 2012

Tahu Pong Isi

Tahu Pong ( Puff Tofu ) Isi
Source : Saji

Bahan :
   5 buah puff tofu siap pakai

Bahan pencelup (aduk rata) :
100 gr plain flour
    3 sdm tepung sagu
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
200 ml air

Bahan Isi :
100 gr wortel, parut kasar
  50 gr taoge
    1 sdt garam
 1/2 sdt gula
  50 ml air
    3 tangkai seledri, ambil daunnya saja.
    1 batang daun bbawang, iris halus
    1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :
   2 siung bawang putih
   4 butir bawang merah
1/4 sdt merica

Cara membuat :
1. Isi : panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan wortel dan taoge. Aduk hingga layu.
2. Masukkan garam dan gula pasir, aduk rata. Tuangkan air. Masak sampai meresap. Tambahkan seledri dan daun bawang. Aduk rata.
3. Belah puff  tofu ditengah, buat seperti kantong tidak putus. Beri isi.
4. Celup ke bahan pencelup. Masukkan sedikit bahan pencelup ke dalam puff tofu.
5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.

Sunday, March 25, 2012

Soft Bread NCC


Pertama kali bikin roti setelah 2 hari masih tetap lembut sekali dan gak kering serat-serat roti-nya. Very recomended...thanks buat Bu fatmah untuk resepnya.

Soft Bread NCC
by Fatmah Bahalwan

Bahan :
500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula
100 gr  mentega
11 gr    ragi instant
½ sdt    bread improver ( skip)
4 btr     kuning telor
200 ml  air es
½ sdt    garam

Cara membuat:

Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
Taruh adonan di panci lalu tutup cling wrap biarkan 30-45 menit hingga 2x ukuran semula.
 Kempiskan adonan dan timbang2 lalu isi sesuai selera.
 Panggang dengan suhu 170 C selama 12 menit, di rak bagian tengah.

Monday, March 19, 2012

Chasio Pao


Dapat resep bak pao ini dari blog manismanis-ayin.blogspot.com. ( Blog Ayin sudah di tutup, resep bisa di lihat di bawah, thanks)

Thanks Ayin for the great recipe, but I need to learned more how to make a good flower shape pao like you.




 Bahan :

600 gram tepung protein sedang
   2 sdt ragi instan
   1 sdt baking powder
100 gram gula pasir
280 gram air
   1 sdm mentega putih

Isi sesuai selera

Cara membuat :


1. Campur semua bahan kecuali mentega putih,uleni setengah kalis
2. Masukan mentega putih,uleni hingga kalis elastis
3. Bagi adonan masing 70 gram(berat adonan sesuai selera),bulatkan
4. Diamkan 30 menit
5. Pipihkan adonan lalu isi dan bemtuk sesuai selera
6. Diamkan lagi 30 menit
7. Kukus dalam air mendidih selama 15 menit,angkat.

Sunday, March 18, 2012

Thin Crust Pizza Dough - 2




I got this recipe from pizza cheese package

400 gr Bread Flour
    2 tsp dried yeast
    1 tsp salt
    1 cup warm water
    3 tbsp olive oil

Place flour, yeast, and salt in a bowl and mix.  Gradually add the water and olive oil then knead  for 10 min until the dough is smooth.
Place dough in a lightly oiled bowl and cover with cling wrap for 1 hour until it doubles in volume.
Knead dough gently for a few minutes to remove some air.
Divide dough into 4 big ( 154 gr) and 1 small ( 61 gr) and roll out pizza bases.
Sprinkle a little polenta ( for crunchy base ) on the bench before rolling to prevent dough from sticking.

Friday, March 16, 2012

Thin Crust Pizza Dough


Thin Crust Pizza Dough

Ingredients :
260 gr Bread Flour
    4 gr Dry yeast
150 gr Water
  10 gr Sugar
    2 gr Salt
   16 gr Olive Oil

Side Ingredient :
Some tomato paste for pizza
Some grated Mozarella Cheese
Some ham and pineapple
Some pepperoni
Some cheese powder


 Method :
1. Dissolve yeast in warm water. Stir well. Let stand for 10 min.
2. Combine dissolved yeast with all ingredients ( except butter )
3. Knead until dough is smooth
4. Add butter. Knead until dough is elastic. Roll dough into a round ball. 
5. Cover dough with cling wrap until double in size. 
6. Divide dough into 3 equal portions. Roll out dough to the size of the pizza pan.
7. Poke holes on dough with fork.
8. Bake dough at 200 C for 5 min.
9. Spread some tomato sauce for pizza on baked dough. Then sprinkle some mozarella cheese, pepperoni, ham, pineapple and cheese powder.
10. Bake again at 200 C for 10 - 15 min.

Source : Home-made Bread 2 (Jolly Kitchen Series)

Thursday, March 15, 2012

Ayam Bakar Klaten


Ayam Bakar Klaten
Source : Masakan Khas Jawa Tengah - Sufi S.Y

Bahan :
  1 ekor ayam kampong muda
  3 sdm minyak goreng untuk menumis
  2 lbr daun salam
  2 btg serai, memarkan
  1 sdt garam
  1 sdm irisan gula merah
  1 sdt asam jawa
  1 sdm kecap manis
500 cc santan ( 400 cc santan kental + 100 cc air matang)

Bumbu yang dihaluskan :
  1 sdm ketumbar sangrai
  5 buah bawang merah
  3 siung bawang putih
  5 butir kemiri, sangrai
  1 sdt merica bulat
  1 sdt kunyit bubuk
  1 sdt lengkuas cincang
1/2 sdt jahe cincang

Cara membuat :
1. Bersihkan ayam, potong menjadi 4 bagian. Lumuri garam. Biarkan 30 menit.
2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus dan bumbu2 yang lain sampai harum. Masukkan ayam, aduk2 hingga berubah warna.
3. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan agar santan tidak pecah. Masak santan sampai mendidih. kecilkan api, masak terus sampai mengental, matikan apinya.
4. Saat akan dihidangkan, panggang ayam bolak-balik dan diolesi bumbu santan.

Sunday, March 11, 2012

Butter Cakes


Butter Cakes ini cara buatnya agak lain dengan butter cakes biasanya. Metode buatnya mirip dengan sponge cakes, jadi teksturnya gak terlalu padat agak- agak spongie gitu.
Ini kali kedua saya membuatnya dengan modif sedikit di jumlah gula yang menurut saya kemanisan.
Resep ini saya dapat dari blog-nya Mbak Irma, thanks ya mbak...udah lama saya cari-cari butter cakes jenis ini, akhirnya ketemu di blog-nya mbak Irma.



Ingredients:

Bahan A

10 biji telur

 2 sdm air/susu

 1 sdt ovalette

260-275 gr castor sugar

350 gr Self Raising flour + 50 gr maizena

1 tsp vanilla paste


Bahan B

350 gr butter

  2 sdm SKM



Method:

Kocok mentega hingga mengembang. Sisihkan

Kocok telor, gula dan ovalet sampai mengembang dan kental, masukin campuran terigu dan mentega secara bergantian.

Tuangkan ke loyang kotak uk 20 cm dan panggang dengan suhu 170 C selama 40-50 menit.

Note dr mbak Irma :
Menteganya juga kalau lagi males ngga kukocok, dipanasin aja sampai lembek tapi ngga cair, jadi kayak bubur, trus dicampur di adonan.. hasilnya ternyata sama dengan mentega yg dikocok dulu.. jadi buat yg pemalas spt saya bolehlah dicoba :D





Tuesday, March 6, 2012

Mustard Leaf Soup


Mustard Leaf Soup ( Kwa Chai Deng)

Ingredients :
500 gr Mustard Leaf
800 ml water
300 gr roasted pork
    5 pcs shallot
    2 pcs sereh
    8 pcs red chilli 
    3 pcs asam keping
    2 pcs tomatoes
    2 tsp sugar
    3 tsp salt

Method :
Mixed all the ingredient together and cooked until all ingredients soft about 45 minutes.

Saturday, March 3, 2012

Lontong Sayur


Lontong Sayur khas Medan

Bahan lontong :

500 gr Beras
  2 helai pandan
  1 sdt garam
Sedikit alkaline water/ air kapur sirih
Daun untuk membungkus
Rebus beras yg sudah di bungkus daun selama +/- 4 jam.


Bahan Lodeh :

200 gr udang
  6 buah kacang panjang, potong 2 cm
  1 buah labu siam, potong kotak
  1 buah wortel
100 gr jagung muda
100 gr nangka muda, rebus
350 ml santan kental
700 ml air/ kaldu
  2 tsp garam
  1 tsp gula pasir
  3 lbr daun salam
  2 ruas lengkuas, geprek

Bumbu halus :
 5 buah cabe keriting
10 butir bawang merah
 2 siung bawang putih
 2 ruas kunyit

Cara membuat :
1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan udang, aduk hingga berubah warna.
2. Tambahkan daun salam dan lengkuas. Tambahakan air/ kaldu.
3. Masukkan kacang panjang, labu siam, jagung muda, wortel, nangka, garam, gula dan santan.
4. Masak hingga semua bahan lunak dan matang.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...